Wednesday, October 24, 2012

Media TIPIKOR - Edisi: 23/MTip/2012



WALI KOTA TERIMA KUNJUNGAN WAKIL MENTERI LUAR NEGERI SINGAPURA

 Medan (Media TIPIKOR)

Persoalan kurangnya pasokan air bersih yang selama ini menjadi keluhan warga di kawasan Medan Utara kini menjadi perhatian  serius Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM. Untuk itu orang nomor satu di Pemko Medan ini berusaha menjalin kerjasama dengan pihak ketiga, termasuk investor dari Singapura guna mengatasinya. Dengan demikian warga tidak terlalu bergantung lagi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi.

Hal ini terungkap ketika Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM didampingi Wakil Wali Kota Drs H Dzulmi Eldin MSI, Asisten Pemerintahan Drs Daudta P Sinurat dan Kabag Hubungan Antar Daerah Drs M Rivai Nasution, menerima kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Singapura Masagos Zulkifli Bin Masagos Muhammad bersama Konsul Singapura untuk Kota Medan Mark Low di Balai Kota Medan, Selasa (7/8).

“Kawasan Medan Utara kekurangan air bersih. Kita harapkan investor dari Singapura berminat untuk menjalin kerjasama dengan pengelolaan air bersih dengan memanfaatkan air Sungai Deli. Dengan kemampuan teknologi dan penataan yang telah dilakukan Singapura selama ini, saya yakin persoalan ini dapat teratasi. Dengan demikian warga tidak tergantung lagi dengan PDAM Tirtanadi,” kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota, Singapura termasuk negara yang maju dalam pengelolaan air bersih. Meski tidak memiliki sumber dasar pengelolaan air seperti sungai besar namun mampu memberikan suplai air bersih bagi seluruh warganya tanpa pernah kekurangan sekali pun. Untuk itulah teknologi  pengelolaan air bersih itu bisa diterapkan di kawasan Medan Utara.

“Jadi saya berharap kepada Bapak Wakil Menteri Luar Negeri Singapura untuk mendatangkan investor yang bersedia mengelola air bersih di kawasan Medan Utara.  Saya sangat mendukungnya dan siap memberikan insentif  kemudahan bagi  investor yang mau berinvestasi,” ungkap Wali Kota.

Selain warga  di kawasan Medan Utara, jelas Wali Kota, air bersih juga sangat dibutuhkan PT Kawasan Industri Medan  (Persero). Sebab,kawasan yang merupakan sentra industri di ibukota provinsi Sumatera Utara itu juga tengah mengeluhkan kurangnya air bersih. Kondisi itu menjadi salah satu pemicu keraguan para investor untuk berinvestasi.

“Tidak hanya air bersih, PT KIM juga mengeluhkan kurangnya pasokan listrik. Untuk itu kita berharap kepada Bapak Wakil Menteri Luar Negeri untuk membawa investor guna mengatasi kekurangan pasokan listrik tersebut,” harapnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Singapura Masagos Zulkifli Bin Masagos Muhammad berjanji  akan segera menindaklanjutinya, terutama mengenai pengelolaan air bersih. Diakuinya, Singapura sangat ketat membuat peraturan terkait air bersih. Malah warga tidak diperkenankan menyimpan air bersih di rumah, sehingga rumah warga tak memiliki bak penampungan air.  Hal itu dilakukan karena Singapura sangat membutuhkan air cukup banyak untuk pembangunan industri.

Dijelaskannya,  Singapura sebenarnya kekurangan air. Karenanya, air begitu berharga  sehingga tarif  yang dikenakan  kepada warga cukup tinggi. Artinya, pemerintah tidak  memberi subsidi bagi warga untuk membayar retribusi air bersih. “Bagi warga yang kurang mampu, baru diberi dispensasi. Untuk warga mampu, mereka harus membayar sesuai dengan tariff yang dikenakan,” jelas Masagos.

Ditambahkannya lagi, air yang digunakan warga tidak dibuang begitu saja. Air yang berasal dari rumah-rumah warga kembali lagi kepada pemerintah melalui saluran-saluran khusus yang telah dibuat. “Jadi air yang telah dipakai warga tidak ada  terbuang, sebab pembangunan industri sangat membutuhkan banyak air,” paparnya.

Kepada Wali Kota, Masagos juga berharap dijajakinya kerjasama di bidang pariwisata mengingat jarak antara kedua negara cukup dekat. Apalagi  dia menilai Kota Medan memiliki kawasan wisata yang cukup menarik dan memiliki ragam kuliner sangat enak dan lezat. Masagos yakin banyak warga Singapura akan datang berkunjung ke Kota Medan. (Ricky Faerdinal)*


Media TIPIKOR Berbagi Kebahagiaan

 Palembang, (media TIPIKOR)

Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1433 h.media tipikor sumsel(11/8/2012)mengadakan kegiatan berbagi kebahagiaan dengan lingkungan sekitar.dan panti asuhan,Kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk berbagi kebahagiaan dan pemberian bantuan bagi anak yatim piatu di salah satu panti asuhan yang terletak di jalan Banten kecamatan seberang ulu 2 palembang yakni panti asuhan subulussalam .penyerahan bantuan di terima langsung oleh kepala panti asuhan dan di serahkan langsung oleh ketua panitia penyelenggara M syahril Ramdhon dan di dampingi kepala perwakilan media tipikor sumsel.

Meski kegiatan ini dilaksanakan 9 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 H, namun tidak lantas menyurutkan ke-khidmat-an dan semangat   untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama. Menurut panitia penyelenggara kegiatan ini berdasar pada ide spontanitas para wartawan media tipikor  untuk mengisi bulan Ramadhan tahun ini dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga bagi orang lain. Ide ini kemudian mendapat dukungan penuh dari kepala perwakilan media tipkor sumsel bahkan beliau berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi tradisi bagi media tipikor sumsel di tahun-tahun mendatang.
Selain Kegiatan berbagi di bulan suci ramadhan media tipikor juga menyembelih seekor kambing guna di bagikan kepada masyarakat yang kurang mampu.Kegiatan berbagi di bulan  puasa rupanya akan menjadi tradisi baru bagi media tipikor di Ramadhan mendatang, dan kemungkinan besar kegiatan ini akan dipersiapkan dengan lebih matang dan mudah-mudahan dapat berbagi yang lebih banyak lagi. (M.akil)*


KPU LAPORKAN RENCANA TAHAPAN PILKADA

 Langkat, (Media TIPIKOR)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat menaruh perhatian yang serius untuk menjadi lokomotif  penggerak pelaksanaan pesta Demokrasi  rakyat. Oleh sebab itu kiranya diperlukan suatu perencanaan yang matang dan terjadwal dengan baik pada tahapan yang akan dilaksanakan. Untuk merealisasikan hal tersebut dengan maksimal tentunya sangat dibutuhkan dukungan pendanaan yang ditampung di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah.

Hal ini diungkapkan oleh Margono Zumintoro, SH  selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Langkat saat mengadakan audiensi membicarakan langkah KPU menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kedepan dengan Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH di Ruang Kerja Rumah Dinas Bupati, Selasa ( 14/8).

Sementara itu Bupati Ngogesa menyambut baik adanya pertemuan yang dilaksanakan dengan KPU, hal ini menunjukan bahwa KPU benar-benar telah siap memulai tahap-tahapan yang akan dilaksanakan dalam Pilkada mendatang kata Ngogesa sekaligus meminta TAPD untuk menerima, mempelajari dan membahas rencana tahapan kegiatan karena berhubungan dengan anggaran yang akan terpakai untuk nantinya dapat diusulkan dalam APBD Langkat  Tahun Anggaran 2013.

Senada dengan itu Sekdakab Langkat Drs.H.Surya Djahisa Msi, didampingi Kaban Asisten Pemerintahan Drs. Abdul Karim, M.AP, Asisten Adm Umum Drs. Sura Ukur, Kepala BPKAD H.Syahrizal.SE, Kabag Humas Drs. Rudi Kinandung, MAP dan Kabag Hukum Khairul Fuad, SH mengatakan akan senantiasa selalu berkoordinasi dengan KPU pada setiap pembahasan rencna tahapan kegiatan yang telah diusulkan karena pada akhirnya kesemuanya ini akan membantu suksesnya pelaksanaan Pilkada yang akan datang.

Mengenai adanya wacana pengunduran jadwal pilkada di Kabupaten Langkat yang perkiraannya akan bertabrakan dengan jadwal Pemilihan Umum (Pemilu), Margono menjelaskan bahwa pihaknya berjanji akan terus mengadakan komunikasi dan musyawarah untuk mengambil langkah-langkah terbaik apa yang harus dilakukan. (SFN)*


Para Petani Tembakau Menangis dan Sangat Dirugikan

Temanggung, (Media TIPIKOR)

Masyarakat petani tembakau di wilayah Kab. Temanggung maupun di wilayah Wonosobo di desa Jajar, desa Tegalsari (khususnya) . Kenapa dan ada apa di balik semua ini ?

Dari sumber masyarakat petani tembakau bahwa semua ada permainan antara perusahaan tembakau, dengan tembakau yang didatangkan dari luar atau import, maka tembakau dari petani lokal kesulitan menjual ke perusahaan tersebut. Sehingga harga tembakau lokal menjadi menurun sampai 60 %. Sekarang harga jual tahun ini, 2012, per kg sekitar 40 s/d 50 ribu rupiah, berbeda dari tahun – tahun sebelumnya dengan harga jual tembakau per kg 100 s/d 125 ribu rupiah.

Kondisi inilah yang dianggap tembakau import lebih dipentingkan oleh perusahaan tersebut. Malah bukanlah yang dipentingkan hasil tembakau lokal, sehingga petani lokal sangat dirugikan. Ada indikasi apa yang terjadi ? Maka para petani tembakau sampai mengeluh dengan sulitnya hasil tani untuk menjualnya. Atas nama seluruh masyarakat para petani Kab. Temanggung memohon kebijakan Bupati Temanggung memberikan solusi yang baik, supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, seperti peristiwa tahun yang lalu. Kalau ini sampai berlarut – larut dan tidak ada titik terangnya, maka bersama – sama masyarakat para petani tembakau seluruh wilayah Temanggung dan lain – lainnya akan mengadakan demo besar – besaran. Sebab para petani sudah korban modal besar untuk biaya menanam tembakaunya. Para petani tembakau mengharap supaya hasil taninya agar dapat terjual seperti tahun – tahun yang lalu. (Agus Sutikno)*

Masyarakat Humbang Hasundutan Bingung Dengan Perhatian Dewan Perwakilan Daerah (DPRD)

Doloksanggul, (Media TIPIKOR)

Masyarakat Humbang Hasundutan tepatnya Kecamatan Onanganjang mengungkapkan rasa kesal yang mendalam. Terkait dengan janji-janji oleh Dewan Perwakilan Daerah Humbang Hasundutan

Hal ini terungkap yang semakin seringnya mengadukan masalah yang dihadapi oleh masyarakat Kecamatan Onanganjang. Dan tidak pernah mendapat tanggapan yang serius dari dewan-dewannya.

Berawal dari laporan masyarakat dengan terjadinya bencana banjir di awal tahun 2011 yang diakibatkan curah hujan yang sangat tinggi  yang menyebabkan persawahan masyarakat tertimbun oleh longsoran tanah perbukitan di sekitar persawahan. Masyarakat yang mengalami bencana alam tersebut segera mengadukan hal ini kepada dewan-dewan terhormat.

Dewan perwakilan  Rakyat Daerah Humbang Hasundutan segera datang turun ke lapangan untuk meninjau kejadian terebut dengan rasa gembira atas kehadiran dewan tersebut masyarakat mengadakan jamuan khusus ala kebudayaan masyarakat desa setempat. Dengan kata-kata yang sangat menyakinkan masyarakat memberangkatkan dewan tersebut dengan membawa oleh-oleh pertanian masyarakat. Tetapi nasib tidak bisa diraih malang tidak bisa dihindari sampai berita ini di turunkan tidak ada hasil ataupun kepastian yang diterima oleh masyarakat. Menjelang akhir tahun 2011 masyarakat di kecamatan yang sama mengalami bencana yang serupa yang diakibatkan bangunan-bangunan pemerintah/ irigasi yang tidak bisa  dipertanggungjawabkan akan mutu bangunan tersebut lagi-lagi masyarakat kehilangan lahan untuk bercocok tanam. Di karenakan pengetahuan masyarakat yang sangat minim dengan bantuan oknum LSM / Lembaga Swadaya Masyarakat untuk melaporkan hal ini secara tertulis berupa proposal yang ditujukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan tembusan Bupati Humbang Hasundutan. Di sertai dengan resesnya DPRD Humbang Hasundutan di Kecamatan Onanganjang masyarakat memberitahukan hal ini.

Lagi-lagi masyarakat tidak mendapat jawaban yang pasti akibat dari rasa kesal penulis/ Wartawan Media Tipikor Humbang Hasundutan di minta untuk ikut menyelusuri akan surat/proposal yang dikirimkan tersebut, ternyata surat/proposal masyarakat tersebut hanya untuk memperbanyak bekas-bekas yang ada di kantor dewan. Untuk itu masyarakat mengharapkan perhatian dari instansi terkait. (Tagor)*


Kepala sekolah dan sekolah SMK PP Negeri saree terima Education award 2012
 


 Aceh, (Media TIPIKOR)

Sekolah menegah kejuruan-pembangunan Pertanian ( SMK PP ) Negeri-Saree dan kepala sekolah nya Maswadi SP.Mpd menerima penghargaan In,tl best leadership IHRDP Gold Award dan Educaion Award 2012 di Twin Plaza Hotel Jakarta jumat ( 10/8).

Penghargaan bagi sekolah berprestasi dan kepala sekolah berprestasi 

Dianugerahkan oleh International Human resources Development Program (IHRDP) Jakarta.IHRDP Adalah suatu lembaga pemantau,penelitian dan pengembangan sumberdaya manusia ( human resources),lembaga non politik.

Menurut Gene Vinsent s –executive chairman IHRDP Jakarta,Penghargaan Education Award tersebut berdasarkan penilaian
Terhadap sekolah dan kepala sekolah yang berprestasi,berdedikasi, terbaik dan panutan dibidangnya.
“penilaian ini berdasarkan seleksi yang dilakukan panitia dan tim pengamat baik secara langsung meupun melalui media cetak dan elektronik, maka ditetapkan kepala sekolah dan sekolah berprestasi yangmemenhi criteria tersebut” .

SMK PP Negeri Saree Aceh yang didirikan tahun 1967 ini  tanggal 22 januari 2010 telah memperoleh sertifikat Sistem manajemen mutu ISO 9001:2001 dari URS UKAS INggris dan dari Badan Akreditasi Nasional ( BAN ) dengan kualifikasi untuk jurusan anaman pangan dan hortikultura (A) dan Agribisnis ternak Ruminasia (A)  sesuai dengan keputusan Direktur Pembinaan Sekolah menegah kejuruan Direktorat jenderal Manajemen Pendidikan dasar dan Mengah Kementerian Pendidikan Nasonal Nomor: 478/C5.3/kep/MN/2010 tentang penetapan SMK PP Rinisan sekoah bertaraf international.

Sementara kepala sekolahnya Maswadi SP Mpd yang menerima penghargaan tersebut dan memimpin SMK PP Saree sejak tahun 2008 ini telah menjalin hubungan kerjasama pendidikan dengan pendidikan pertanian diTokyo-jepang tahun 2009, kerjasama dengan pendidikan pertanian new Zealand-Australia tahun 2010,kerjasama dengan Thailand, pendidikan pertanian penang tahun 2010 dan kerjasama pendidikan pertanian china dan hongkong tahun 2011.selain itu juga telah menjalin kerjasama dan mnelakukan MOU dengan beberapa BUMN,lembaga pertanian,pelatihan dijawa dan sumatera terutama dalam peningkatan mutu SDM pertanian.Serta lulusan nya telah dikirim kejepang,Malaysia,dan tahun 2012 ini mengirimkan alumninya ke yordania. (Soekiman)*

0 comments:

Post a Comment

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design