Thursday, January 3, 2013

Media TIPIKOR - Edisi: 30/MTip/2012



Diduga ada indikasi Korupsi di DKPP Lhokseumawe


Lhoksemawe, (Media TIPIKOR)

Dugaan korupsi yang saat ini terjadi juga menjadi berita hagat yang dibicarakan oleh masyarakat kota lhokseumawe adalah, dugaan korupsi dibidang penyeluh pada dinas kelautan perikanan dan pertanian kota lhokseumawe, dan dugaan tersebut dilakukan oleh kabid penyeluhan di dinas tersebut.

Menurut para penyeluh yang bertugas dilapangan, dari 25 anggota penyeluh semula hendak diberangkatkan keluar daerah, tapi yang terjadi hanya 11 orang, sementara dari sisa itu hanya dimintak untuk tandatangan sekaligus diberikan uang tandatangan sebesar Rp 250.000

Sementara ada dugaan lain yang dilakukan kabid, seperti mengelapkan dana operasional kantor DKPP dalam kegiatan mengikuti pameran pembangunan dalam rangka HUT kota Lhoksemawe yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, sebut para penyeluh

Menurut mereka, dana tersebut berjumlah Rp 10.000.000 dan telah diajukan penarikan ke DPKAD kota lhoksemawe sebelum kegiatan pameran berlangsung, namun sampai saat ini para honore maupun PNS DKPP yang terlibat dalam kegiatan tersebut hingga kini belum juga mendapatkan hak mereka, itu kan hak jerih payah kami, dan kami tau kalau di tahun sebelumnya memang tidak ada anggaran, tapi tahun ini kami tau ada anggaran, kenapa kami belum menerima hak tersebut, katanya Sekian Liputan. (Jefri)*


KASAT POL PP DS BACOL
PENDAPATAN ASLI DAERAH DARI IMB MASUK KANTONG PEJABAT

Lubuk Pakam, (Media TIPIKOR)                                                                                                   

Bangunan yang tidak memiliki IMB juga Pergudangan di Kecamatan Lubuk Pakam dan Tanjung Morawa sudah diberitakan Koran Radar seminggu yang lalu. PemerIntah Kabupaten Deli Serdang dirugikan tidak masuknya PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari IMB Izin Mendirikan Bangunan ke Kas Daerah. Seperti di Kecamatan Lubuk Pakam di Jln  K.H. A. Dahlan puluhan  Ruko Sentral Bisnis Pakam dibangun Tanpa IMB (izin mendirikan bangunan). Pengambang diduga tidak memiliki IMB membangun Perumahan Griya Sudirman Mas (GSM) Type 45 dan 36 puluhan unit di Kelurahan Paluh Kemiri Kecamatan Lubuk Pakam.

Semua ini  bukti ketidakmampuan Kasat PolPP Deli Serdang Menegakkan Perda Izin Mendirikan Bangunan dan tidak ada teguran dan penyetopan dari Instansi terkait, Kasat PolPP Deli Serdang Bacol. Anggota Satpol PP Pantauan dari RCW turun ke lapangan dan sering singgah disetiap bangunan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan dan  tidak lebih dari lima menit diduga menerima setoran saja. Apakah anggota Wajib setor sama Kasat...

“Republik Koruption Wtach (RCW) Kabupaten Deli Serdang meminta Bupati Drs. H. Amri Tambunan yang maju jadi Calon Gubernur Sumatera Utara 2013–2018 hendaknya menempatkan Pejabat yang kredibel di Kabupaten Deli Serdang. Kapala Dinas Cipta Karya Intansi yang memproses mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan diduga sebahat dengan Kasat PolPP dan tidak maksimal bekerja untuk meninigkatkan PAD dari retrebusi Izin Mendirikan Bangunan, Copot saja pejabat yang tidak mampu menegakkan Peraturan Daerah (PERDA)” ujar Aktivis Koruption Wtach Deli Serdang T. Saragih di Lubuk Pakam. (A. Donald)*




Jalan LINSUM Di Kecamatan Sipoholon Terancam Putus
Pemerintah Diharapkan Supaya  Tanggap Memperbaikinya

Tapanuli Utara, (Media TIPIKOR)

Jalur lalu lintas trans Sumatera (Janlinsum) yang terletak di Sipoholon Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara terancam putus akibat jalan yang menghubungkan propinsi dengan kabupeten ini rusak berat akibat sisi jalan mengalami longsor dan sebahagian badan jalan ikut terbawa longsor dalam kedalaman jurang lebih kurang 70 meter.

Akibatnya jalur lintas melalui jalan ini sangat memprihatinkan dan membahayakan lalu lintas akibat lokasi jalan yang berada di  tikungan dan kondisi jalan yang berada di antara bukit dan jurang dengan keadaan posisi jalan yang sangat sempit dan rawan kecelakaan.

Kekhawatiran dan ketakutan para pelintas jalan adalah bila sewaktu-waktu jalan akan kembali longsor berat  sehingga jalur tranportasi akan macet total sementara jalan alternatif untuk menghindari jalur lintas yang macet tidak ada. Dari segi bahayapun sewaktu-waktu bisa menimbulkan korban jiwa apabila mengalami lonsor susulan.

Yang paling dikhawatirkan masyarakat, pada musim Natal dan Tahun Baru ini jalan ini pasti banyak dilalui kendaraan oleh orang yang mau mudik atau pulang kampung, sehingga ketahanan dan kondisi jalan diperkirakan akan mengalami gangguan yang bisa mengakibatkan longsor kalau pihak terkait tidak sesepatnya memperbaiki jalan. Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas dilokasi jalan yang rusak ini, pihak terkait hanya berupaya membuat timbunan tanah dan kayu  di sisi jalan padahal karena bulan-bulan ini curah hujan cukup besar sehingga tanah dan yang dibuat disisi jalan cepat terkikis dan terbawa air yang mengalir ke arah sungai di pinggir sisi jalan.

Ketika Media TIPIKOR memantau ke lokasi jalan yang rusak parah ini terlihat para sopir dan penumpang sangat prihatin dan was-was melintasi jalan karena posisi jalan sudah berlobang dan kondisi jalan sudah sempit karena sebagaian ruas lajan sudah tak mungkin  dilintasi kendaraan, terutama kendaraan roda empat karena tidak tahan lagi.

Masyarakat dan para pengemudi sangat mengharapkan perhatian pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan pemerintas Propinsis Sumatera Utara untuk secepatnya memperbaiki jalan supaya jangan sempat memakan korban jiwa dan ini agar transportasi bisa berjalan lancar sehingga arus mudik liburan Natal dan Tahun Baru bisa berjalan lancar dan nyaman. (Hotman Simorangkir)*




Kospin Sekartama Andalan Warga Kendal
 Kendal, (Media TIPIKOR)

Meskipun saat ini banyak koperasi tumbuh subur diberbagai kota bak jamur di musim penghujan, akan tetapi tidak ada yang mempunyai misi yang diemban seperti koperasi yang satu ini. Karena meskipun baru berusia beberapa tahun, ternyata terbukti telah mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya para wirausawan dan pedagang.

Adalah Kospin Sekartama, dengan mengemban misi membantu, mendidik dan mensejahtarakan masyarakat, koperasi ini semakin banyak diminati para masayarakat khususnya di Kabupaten Kendal dan sekitarnya.

Menurut General Manager Agus Budiantoro, SH Kospin Sekartama memang didirikan dengan tujuan agar dapat membantu perekonomian masyarakat. “Disamping mendidik bagaimana cara mengelola usaha agar dapat lebih maju serta membantu mensejahterakan”.

Koperasi yang pada awal berdirinya hanya memiliki beberapa orang karyawan ini, ternyata semakin mampu menjukkan kualitasnya dalam membantu masyarakat.

Bahkan berkat usaha keras serta dukungan dari para nasabahnya selama ini, Kospin Sekartama berhasil masuk sebagai 100 koperasi besar di Indonesia

Dan berkat kepercayaan yang diberikan masyarakat serta dalam rangka lebih meningkatkan pelayanan, tambah Agus Budiantoro, pihaknya telah mendirikan kantor kantor cabang dibeberapa kecamatan selain kantor pusat di Weleri, yaitu di Kecamatan Cepiring, Kecamatan Kaliwungu, Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Boja, Kecamatan Pegandon, Kcamatan Kendal dan Kecamatan Tulis Kabupataen Batang. (Djoko/Koliq)*




Demokrat Utamakan Kebutuhan Rakyat
 Semarang, (Media TIPIKOR)

Usai mengikuti acara Silaturahmi Nasional yang dipimpin langsung Ketua Partai Demokrat Susilo Bambang Yudohusodo (SBY) tanggal 14 dan 15 Desember di Lapangan Sentul Jabar, banyak peserta mengaku mendapatkan hal hal yang bisa dipetik.

Salah satu peserta dari Propinsi Jateng, H. M Ali Suyono, SE mengatakan bahwasanya dalam acara tersebut banyak sekali mendapatkan ilmu dan juga semangat dari SBY. “Beliau mengajak kami, para kader Demokrat untuk lebih mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam tubuh partai”.

Disamping mengutamakan kekompakan dalam tubuh partai, tambah Ali, SBY juga banyak sekali member nasehat nasehat agar selalu lebih mengutamakan kebutuhan masyarakat. Sebagai salah satu anggota DPRD Propinsi Jateng, Ali mengaku sangat terketuk hatinya dengan pesan pesan yang disampaikan SBY tersebut.

Menanggapi pesan SBY tersebut, Ali yang dari Dapel 10 (Kabupaten Batang, Kabupaten/Kota Pekalongan dan Kabupaten Pemalang) mengatakan bahwa selama ini pihaknya selalu berusaha menampung semua aspirasi dan membantu kebutuhan masyarakat.

Seperti misalnya dengan lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat akan sarana pendidikan, tempat ibadah, kesehatan, tempat tinggal, lingkungan, pertanian, peternakan serta sarana jalan dan sebagainya. “Karena saya bekerja memang untuk melayani masyarakat, jadi kalau masyarakat membutuhkan bantuan, kirimkan saja proposal pengajuan ke DPRD Propinsi Jateng nanti akan kami bantu” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Ali juga sempat menceritakan banyaknyta minat masyarakat non partai dan para generasi muda yang akan bergabung dan mensukseskan Partai Demokra pada tahun 2014 mendatangt. (Djoko)*



PTPN III Sisumut Kembali di Demo Oleh Petani Aliansi TBS

Labusel, (Media TIPIKOR)

Delapan bulan sudah lebih kurang waktu yang di tunggu-tunggu ratusan petani Tandanan Buah Segar (TBS), dari demo yang pertama di lakukan di depan PKS PT III Sisumut, namun sampai sekarang tidak ada titik terangnya, sehingga demo di ulangi lagi, para ratusan massa petani yang datang berujuk rasa membuat yel-yel dengan meneriakkannya dengan tema " Kembalikan Uang Petani " minggu lalu.

Demo memanas sewaktu Irpan mengsugesti massa untuk melakukan pendorongan yang mengakibatkan pagar PKS tersebut bergoyang,  walaupun ratusan pihak Securyti PT dan Keamanan Polsek Kotapinang, menahan agar jangan terjadi kerusakan, pihak keamanan yang di pimpin Kompol Janner Panjaitan SH.

Ratusan massa yang menamakan Aliansi Pengumpul Tandan Buah Segar yang berunjuk rasa ke Pabrik Kelapa Sawit PTPN III Sisumut, hanya meminta solusi agar uang petani sebesar  Rp.382.246.500 yang masih berada di dalam, atas mandat  surat pembayaran  UD. Dedi Syahputra sebagai rekanan  PKS PTPN III Sisumut  yang menghilang dari Desa Sisumut Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Supaya di keluarkan pihak PT.

Dalam orasinya, Rizal Sembering bersama Irpan Ripai Nasution menyampaikan, “kami hanya butuh uang kami, untuk melanjutkan masa depan pendidikan anak kami, karena itu hasil dari jerih payah kami, untuk bisa mengisi perut kami yang sejengkal ini, jangan paksa kami berbuat yang melampaui koredor hukum yang ada di Indonesia, kami tidak butuh janji, kami hanya butuh uang kami kembali. Jika hak –hak kami  tidak dipenuhi,  kami dengan senang hati melakukan, akan melakukan aksi yang lebih besar lagi dan bahkan Pabrik milik BUMN ini kami segel.

Hal yang senada juga di katakan irpan kami merasa tertipu dengan “ RETORIKA” yang kami tidak mengerti, belum lagi, persoalan ini telah dimediasi oleh Kapolres Labuhanbatu, tidak juga mengelurkan solusi yang berpihak pada petani, dan cendrung bahwa mediasi yang dilakukan adalah kepentingan pihak PTPN III Sisumut semata.

Pengunjukrasa mencoba menerobos pintu gerbang dengan memasuki halaman kompleks PKS, namun puluhan petugas dari polsek kotapinang serta petugas securyti kebun menghalangi mereka. Melihat suasana semakin memanas. Setelah menyampaikan aspirasi beberapa jam para aksi unjuk rasapun akhirnya diterima, oleh pihak Manager PKS PTPN III Sisumut, Manager PKS J Silindaon BA mempersilakan beberapa orang perwakillan dari pedemo  masuk ke dalam ruangan pertemuan di Balai Kantor PKS PTPN III Sisumut untuk berembuk .

Utusan dari Aliasi Pengumpul Tandan Buah Segar yang  mewakili antara lain, Arwi Winata, Aswat Nasution, Atar Hasibuan, Saiman Siregar dan Zulpan Siregar. Di dalam ruangan yang sejuk  Arwi Winata mengatakan, dengan santun agar pihak PKS PTPN III Sisumut yang saat ini dipimpin oleh Manager dapat mengeluarkan uang kami.

Saat itu yang menerima delegasi adalah Manager Pabrik Kelapa Sawit PTPN III Sisumut J Silindaon BA mengatakan, untuk persoalan ini, dirinya meminta agar pihak aksi unjuk rasa dapat memberikan waktu lebih kurang dua minggu, dan persolan ini kami bawak ke Medan dan biarkan proses  hukum yang berjalan. Karena ini merupakan kebijakkan dari  pihak Direksi,  dan Manager berjanji akan mengurus semua permasalahan ini dan mengkabari  pada petani sawit. Agar persoalan ini cepat selesai,  ini juga merupakan beban terhadap dirinya sebagai pemimpin  bersama pihak SPBUN PKS PTPN III Sisumut didepan para petani TBS yang berada di luar gerbang, setelah mendengarkan penjelas manager, mereka spontan berteriak terima kasih kepada Manager PKS PTPN III Sisumut.

Kapolsek Kotapinang Kompol Janner Panjaitan SH juga  menghimbau agar pihak aliasi petani TBS ataupun karyawan PTPN III Sisumut segera melakukan aktivitas kembali  seperti biasa dan pulang dengan selamat dan berkendara mematuhi peraturan lalulintas yang ada, dan kami pihak keamanan akan mengawal saudara-saudara.  Setelah mendengar demikian akhirnya para aliasi petani TBS membubarkan diri secara tertib. (id)*




Forum Putra Putri Laskar Melayu Indonesia Berdelegasi Ke Gusman Center
 Langkat, (Media TIPIKOR)

Sabtu (15 / Des /2012 ) pengurus Kabupaten,kecamatan,ranting dan didampingi ketua DPP forum putra putri laskar melayu Langkat berdelegasi ke gusman senter sesuai dengan undangan yang telah diterima.

Tim Delegasi yang diterima oleh Kordinator pemenangan binjai Langkat, sekitar jam 11.30 di jalan Patimura. Tim delegasi yang berkunjung atas undangan dari Gusman senter beberapa hari yang lalu. Adapun maksud dari kunjungan silaturrahmi tersebut,berkaitan dengan akan berlangsungnya pemilu kada Gubsu 7 Maret 2013 mendatang.

Sesuai dengan misi “Perubahan untuk sumut sejahtera”  GUS IRAWAN SE. AKA,MM dan IR.H.SOEKIRMAN,yang akan berlaga dalam pesta Demokrasi yang akan dilaksanakan pada 7 Maret 2013. Forum laskar melayu Indonesia yang lahir ditengah tengah warga suku melayu, dikenal memegang teguh ajaran agama,adat istiadat,dan santun. Ini semua nantinya di harap kan dapat menjadi modal kekuatan untuk turut serta bersama elemen masyarakat lain mewujudkan percepatan pembangunan di daerah ini,ujar Kordinator pemenangan binjai Langkat (15 Desember) dibalai rum Gusman senter.

Dalam kesempatan itu beliau yang mewakili GUS irawan secara Langsung menerima tim delegasi dibalai rum Gusman senter. Beliau mengatakan menerima silaturahmi tim delegasi forum putra putrid Laskar melayu Langkat yang di ketuai oleh IBNU SOOD dan didampingi oleh ketua DPP Tengku Syahputra Oetama Hamzah 

Pihak nya menyatakan bangga dengan kehadiran laskar melayu langkat yang memiliki semangat kebersamaan dan siap untuk ikut membangun Sumatra Utara, diakui nya memulai sesuatu pekerjaan itu sangat sulit dan dapat di ibarat kan seperti mengayung sepeda dan kayuhan berikutnya baru akan terasa ringan.

Beliau juga menyatakan, jika GUSMAN berhasil dalam pemilu kada ini,pergerakan percepatan pembangunan untuk menuju perubahan sumut sejahtera akan menjadi prioritas utama,seperti Infrastruktur jalan,gedung sekolah, sarana kesehatan, pertanian,perairan dan rumah warga miskin yang tidak layak huni.Tantangan pembangunan tersebut secara bertahap tentunya dapat diatasi dengan hubungan dari masyarakat dan sektor dunia usaha.

Semangat kebersamaan yang telah berjalan baik antara pemerintah dengan masyarakat dan dunia usaha di Sumatera Utara yang sudah berjalan baik selama ini dan ini harus tetap dipertahankan,ujarnya.

Sementara itu ketua DPP Laskar melayu,Tengku syahputra Oetama Hamzah mengakui kinerja pembangunan di daerah yang dilakukan nantinya melalui gerakan Sumutera utara membangun  dan ini nantinya dapat dirasakan masyarakat Sumatera utara. Karena itu, lascar melayu Kab.Langkat mendukung penuh keikut sertaan GUSMAN dalam bursa pemilihan Gubernur tahun 2013 ini.

Pertemuan silahturrhmi antara laskar melayu dengan tim pemenangan Gusman ini didampingi juga oleh Pengurus Kecamatan,ranting dan tokoh masyarakat tempatan. (SF)*




Pemkab Atam Gelar Lepas Sambut Kapolres
 Aceh Tamiang, (Media Tipikor)

Dalam acara lepas sambut Kapolres yang dilaksanakan Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang yang bertempat di aula Setdakab Karang Baru pada sabtu malam (22/12) lalu. Pj.Bupati Aceh Tamiang Ir.Anwar Ishak pada kesempatan itu mengatakan acara ini dilaksanakan, bukan semata karena Kapolres lama adalah putra daerah. Namun sudah selayaknya acara ini dilaksanakan karena jabatan Kapolres, Kajari, Kepala Pengadilan dan Dandim termasuk dalam Muspida Plus.

“Maka kewajiban Pemerintahan Kabupaten untuk membuat acara lepas sambut sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terim kasih selama bertugas didaerah yang selama ini bersama-sama membangun daerah dalam tupoksi kerja masing-masing” ujar Pj.Bupati.

AKBP Drs.Armia Fahmi Kapolres lama yang akan bertugas di Polda Sumut mengatakan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan seluruh warga Aceh Tamiang yang telah menerima dan turut membantu kelancaran tugas Polres selama menjabat Kapolres. “Sebagai putra daerah saya cukup disambut baik, selama saya bertugas, di sinilah daerah lahir dan besar saya sehingga saya merasa sedih meninggalkannya” ujar Armia penuh haru.

Sementara AKBP Dicky Sondani, SIK, MH Kapolres Aceh Tamiang yang baru pada kesempatan ini mengharapkan para ulama dan tokoh masyarakat Aceh Tamiang untuk dapat membantu bekerja sama dalam menjaga keamanan, ketertiban sehingga pembangunan daerah ini sukses dan berjalan lancar. Selanjutnya acara lepas sambut diisi dengan hiburan dan pemberian cindera mata kepada AKBP Armia Fahmi. (Yogi)*

0 comments:

Post a Comment

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design